Epoxy Coating Lantai

Cara Aplikasi Epoxy Coating Lantai

Pengaplikasian epoxy coating lantai wajib di lakukan oleh tenaga ahli yang profesional dan berpengalaman. Hal ini karena, jika proses aplikasi tidak sesuai dengan metode atau cara mengaplikasikan cat lantai epoxy yang benar dan baik. Maka hasil dari epoxy lantai menjadi tidak maksimal.

Kemudian, manfaat penggunaan epoxy coating adalah untuk memperindah tampilan akhir lantai beton agar menjadi mengkilap (glossy), sehingga lantai menjadi lebih indah, estetik, bebas dari noda dan terlihat elegan. Lantai beton membutuhkan lapisan epoxy (epoxy coating) juga untuk memberikan ketahanan yang maksimal serta meningkatkan kekerasan dan kekuatan pada lantai yang menggunakan cat lantai epoxy.

Selanjutnya ialah macam-macam area yang biasanya menggunakan cat lantai epoxy, seperti industri farmasi, industri makanan, restoran, mall, ruang pameran, rumah sakit dan area lain yang memiliki kepadatan aktivitas lantai beton.

Baca juga : Harga Epoxy Lantai per m2

Aplikator Epoxy Lantai
Aplikator Epoxy Lantai

Bagaimana Metode Aplikasi Epoxy Coating yang Baik dan Benar?

Berikut metode pengaplikasian cat lantai epoxy yang baik dan benar, yaitu:

  1. Tahap Mengosongkan Area Lantai
    Pada tahapan pertama yaitu perlu mengosongkan area kerja, baik dari barang-barang serta manusianya. Hal ini perlu di lakukan karena area kerja yang kosong akan memudahkan proses cat lantai epoxy serta tidak ada hambatan dalam proses aplikasi epoxy lantai.
  2. Tahap Grinding
    Proses membuka pori-pori lantai atau mengupas cat epoxy lantai yang terdahulu merupakan tahapan grinding. Tujuan dari tahapan ini agar cat epoxy lantai dapat meresap secara sempurna ke permukaan lantai serta membuat noda seperti debu, minyak atau jenis noda lainnya yang sudah lama menempel dan mengeras menjadi terkelupas.
  3. Tahap Aplikasi Primer Epoxy
    Kemudian pada tahapan ini adalah proses mengaplikasikan primer epoxy yang biasa disebut under coat process. Sementara itu, menerapkan primer epoxy lantai bersifat wajib karena akan membuat ketahanan lebih (extra) pada lantai serta menciptakan adhesi (proses menempelnya material) lebih baik
  4. Tahap Aplikasi Plamir Epoxy
    Proses untuk tahapan ini adalah pengecatan lantai yang menggunakan plamir epoxy ke seluruh bagian permukaan lantai beton secara merata. Pengaplikasian plamir epoxy menggunakan alat seperti roskam atau kape.
  5. Tahap Sortir Plamir
    Tahap selanjutnya yaitu tahap sortir plamir. Dalam tahap ini, proses di lakukan untuk memastikan hasil pelapisan plamir epoxy sudah merata. Namun, jika hasil plamir belum merata, maka untuk tahapan ini pelapisan plamir dapat di sempurnakan. Jika tidak meratanya hasil plamir dapat memberi pengaruh pada hasil akhir epoxy lantai seperti warna cat yang terlihat tidak merata.
  6. Tahap Aplikasi Base Coat
    Kemudian setelah melewati tahapan-tahapan di atas, maka proses selanjutnya yaitu melakukan pengaplikasian epoxy warna menjadi lapisan dasar epoxy coating (base coat).
  7. Tahap Aplikasi Top Coat (Finishing)
    Selanjutnya, proses tahapan ini sama seperti proses mengecat epoxy dasar, akan tetapi perbedaannya pada tahap finishing ini pengecatan di lakukan secara berulang sampai mendapatkan ketebalan yang sesuai dengan kebutuhan. Kemudian, agar mendapatkan hasil akhir lebih kuat dan halus, pastikan lapisan pertama dari cat lantai epoxy sudah kering maksimal.
Epoxy Lantai Pabrik
Epoxy Lantai Pabrik

Lalu Bagaimana Cara Menghasilkan Cat Lantai Epoxy Secara Maksimal?

Di bawah ini cara menghasilkan cat lantai epoxy secara maksimal:

  • Minimal usia lantai 28 hari dan mempunyai tingkat kelembapan hingga 80% RH.
  • Mempunyai kekuatan lantai yang dapat menahan beban minimal 225 kg/cm2, serta tidak terjadi penurunan saat di beri beban.
  • Membersihkan permukaan lantai dari kotoran, seperti minyak, oli, pasta dan cairan lain
  • Permukaan lantai harus halus, tidak bergelombang serta tidak kasar.
  • Di larang merokok untuk siapapun yang terlibat saat proses pengaplikasian cat lantai epoxy
  • Mempunyai cat lantai epoxy dengan ketebalan yang sesuai kondisi lalu lintas dan diukur menggunakan alat ukur yang baik.
  • Lantai langsung di atas tanah, disarankan terlebih dahulu memberi lapisan oleh sebuah lapisan anti uap air (water vapour barrier)
  • Sebelum mengaplikasikan cat lantai epoxy, lantai wajib di diamkan selama 2 hari
  • Setelah 7 hari mengaplikasikan cat lantai epoxy, kendaraan berat seperti handpallet, forklift, atau lainnya baru diperbolehkan lewat.

Baca juga : Karakteristik Epoxy Lantai yang baik

Jasa Epoxy Coating
Jasa Epoxy Coating

PT. Niaga Artha Chemcons sebagai Jasa Epoxy Lantai Berpengalaman

Jika penyedia jasa pengecatan epoxy lantai yang memiliki banyak pengalaman, maka saat melakukan pengerjaan epoxy lantai akan semakin optimal, memuaskan dan minim kegagalan. Hal ini di sebabkan, karena kualitas jasa cat lantai epoxy bisa di lihat dari berapa banyak perusahaan yang telah memakai jasa cat lantai tersebut.

PT Niaga Artha Chemcons selama bertahun-tahun telah menekuni dan bergelut pada pekerjaan bidang epoxy lantai serta telah menyelesaikan banyak proyek (project) di seluruh wilayah Indonesia. Kami pun memiliki pengalaman untuk memahami kebutuhan akan cat lantai epoxy dengan haraoan lantai beton yang halus, kuat, terlihat estetik, dan tahan lama.

Selain itu, kami memprioritaskan dan mengutamakan untuk menggunakan tenaga ahli yang sudah berpengalaman atas pekerjaan cat lantai epoxy.

Silahkan KLIK DISINI untuk konsultasi atau tanya jawab lebih lanjut tentang metode aplikasi cat lantai epoxy atau dapat melalui email ke sales@ptnac.com

Epoxy Coating Spray

Temukan kami juga di Sosial Media!

Facebook : Niaga Artha Chemcons
Instagram : na_chemcons
Linkedin : Niaga Artha Chemcons
Youtube : Dunia Konstruksi
Hotline : +62 818-0705-6556