Gedung Kejaksaan Agung Dilahap Api

Cara Menanggulangi Kebakaran Gedung Kejaksaan Agung

Cara menanggulangi kebakaran Gedung Kejaksaan Agung akan di bahas tuntas dalam artikel ini, baca sampai habis agar tidak salah paham.

Bangunan yang telah di bangun pada era Presiden Soekarno ini, telah di lahap si jago merah pada pukul 19.10 WIB. Kemudian asap telah mengepul ke udara dari arah ruangan tersebut sekitar pukul 22.30 WIB. Petugas langsung mencari tahu setelah melihat kejadian tersebut dengan membuka pintu ruangan. Tanpa di sangka-sangka, ternyata api telah melahap seluruh ruangan dengan di liputi oleh asap tebal di dalamnya. Kemudian alarm kebakaran pun otomatis menyala serta memutus aliran listrik di Gedung Kejaksaan Agung. Akhirnya api berhasil di padamkan sekitar pukul 23.30 WIB, Jaksa Agung Ali Said mengatakan bahwa hanya ada dua lantai ruang rapat yang hangus terbakar.

Selain itu, Jaksa Agung Ali Said mengatakan pula bahwa penyebab kebakaran Gedung Kejaksaan Agung yang terjadi pada malam hari, tanggal 22 Agustus 2020 serta beralamat di Jalan Sultan Hassanudin, Jakarta Selatan ialah berasal dari korsleting arus listrik di lantai enam yang merupakan bagian kepegawaian (Dikutip dari laman Tribun Ternate).

Cara Menanggulangi Kebakaran Gedung
Cara Menanggulangi Kebakaran Gedung Kejaksaan Agung (Sumber: tirto.id)

Upaya Penanganan Kebakaran

Bagaimana cara menanggulangi kebakaran di Gedung Kejaksaan Agung ? Atas kejadian kebakaran di Gedung Kejaksaan Agung ini, sebagai bentuk cara menanggulangi kebakaran gedung atau upaya pencegahan terhadap rambatan api meluas saat kebakaran, ada baiknya pada gedung-gedung bertingkat dapat di lengkapi dengan sistem kebakaran aktif, seperti fire stop, tabung pemadam kebakaran, fire hydrant, fire suppression system, fire sprinkler dan lain sebagainya.

Mencegah api agar tidak menyebar dari satu ruangan ke ruangan lain merupakan fungsi firestop system. System Firestop ini bisa menjadi salah satu upaya dari pemilik gedung untuk melindungi orang-orang yang berada di sekitar maupun di dalam gedung. Di samping itu, fungsi firestop juga dapat melindungi properti atau gedung dari dampak buruk akibat kebakaran.

Penggunaan firestop system bisa pada area dinding, lantai dan plate deck dengan spray system, sebaliknya untuk area celah, shaft atau lubang dapat memakai banyak jenis material firestop, seperti sealant, coating, collar, mortar, foam dan jenis lainnya.

Kejaksaan Agung Kebakaran Hebat
Kejaksaan Agung Kebakaran Hebat (Sumber: jawapos.com)

Peraturan Pemerintah Tentang Proteksi Kebakaran Gedung

Pada dasarnya, di Indonesia terdapat hukum yang mengatur mengenai pemasangan sistem proteksi kebakaran khususnya pada gedung. Landasan hukum itu ialah Undang Undang Pasal 19 No. 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung yang mewajibkan seluruh bangunan gedung, selain rumah tinggal harus di lengkapi dengan sistem proteksi kebakan aktif dan pasif.

Selain itu, perlu melakukan pemeriksaan hingga perbaikan secara total pada gedung yang mengalami kerusakan akibat kebakaran. Terutama di bagian struktur bangunan tersebut. Kondisi bangunan menentukan besar atau kecilnya tindakan perbaikan struktur gedung.

Menanggulangi Dampak Kebakaran
Material Menanggulangi Dampak Kebakaran Pada Gedung

Di mana Spesialis Pasang Firestop Gedung Terdekat ?

Salah satu perusahaan spesialis pasang firestop gedung terdekat yaitu PT. Niaga Artha Chemcons yang berlokasi di Bekasi. Di samping itu menawarkan harga terbaik untuk jasa pasang firestop pada gedung. Kemudian, proses pengerjaannya dilakukan menggunakan tenaga ahli dan telah berpengalaman melakukan pekerjaan pasang firestop gedung. Sehingga hasil pekerjaannya pun selalu memuaskan dan optimal

Harga terbaik untuk pasang firestop bisa di ketahui pada artikel kami yang berjudul Harga Pasang Firestop Gedung.

Silahkan KLIK DISINI untuk berkonsultasi dengan kami terkait Harga Jasa Firestop Gedung atau dapat melalui email ke sales@ptnac.com.

Temukan kami juga di Sosial Media !

Facebook : Niaga Artha Chemcons
Instagram : na_chemcons
Linkedin : Niaga Artha Chemcons
Youtube : Dunia Konstruksi
Hotline : +62 818-0705-6556