Kontraktor Perkuatan Struktur Kolom Beton

Kontraktor Perkuatan Struktur Pada Beton

Metode yang tepat perlu di laksanakan pada saat Perkuatan Struktur Jalan pada Jalan Tol Layang Ambruk agar tidak membahayakan sekitar. Hadirnya artikel ini kan menjelaskan kontraktor perkuatan struktur pada beton.

Ambruknya Balok Penyangga Pada Tol Bogor
Ambruknya Balok Penyangga Pada Tol Bogor (sumber : kompas.com)

Berita Tentang Rusaknya Perkuatan Struktur Beton Pada Jalan Tol

Di hari Rabu, 10 Juli 2019 sekitar pukul 05.15 WIB telah terjadi peristiwa ambruknya balok penyangga atau formwork pada Proyek Tol Bogor Ring Road Seksi 3A (SIMPANG YASMIN-SIMPANG SEMPLAK) sehingga terpaksa di berhentikan proyek konstruksi tersebut. Peristiwa tersebut disebabkan karena ketika melakukan proses pengecoran beton di Pier 109 yang berlokasi di depan Perumahan Taman Sari, balok penyangga tersebut tidak kuat sehingga melengkung dan terjadi kondisi beton yang tumpah ke jalan arteri di bawahnya.

Pada kenyataannya, proses pembuatan tol layang ini banyak terjadi kendala sehingga membuat kontraktor yang terjun di dalamnya perlu secar cermat memerhatikan pemasangan pondasi. Salah satu kendala lainnya ialah perlunya koordinasi dengan proyek pembangunan lain seperti di area bawah jalur pembangunan jalan tol layang ini terdapat pengecoran beton jalan. (Sumber: kompas.com)

Baca juga : Perkuatan Beton dengan menggunakan serat karbon

Kontraktor Perkuatan Struktur
Kontraktor Perkuatan Struktur

Metode Perkuatan Stuktur Beton

Pada metode pekerjaan pembangunan tulangan untuk kolom dan pondasi, sebelum pengeboran pondasi di mulai maka perlu di lakukan di stocyard terlebih dahulu. Hal ini di karenakan pada saat pengeboran selesai, tulangan hanya siap di posisikan pada galian pondasi. Dengan kata lain, pekerjaan pembesian pada pondasi dan kolom di lakukan overlapping dari pengeboran pondasi. Hal tersebut menjadikan pekerjaan lebih efisien, akan tetapi di perlukan perlakuan khusus dalam penyimpanan tulangan sebelum di pasang. Sehingga dapat mencegah kerusakan tulangan karena korosi. Jika penurunan kualitas struktur atau penambahan beban terjadi, maka perlu melakukan perkuatan pada struktur beton.

Terdapat 3 metode pekerjaan perkuatan struktur beton pada poyek Jalan tol layang, di antaranya :

  • Pertama, perkuatan struktur menggunakan Gelagar Baja atau Pelat Baja]
  • Kedua, memakai bahan fibre composite untuk perkuatan struktur
  • Ketiga, perkuatan struktur beton dengan external stressing

Baca : Proyek Rehabilitasi Jembatan Dinas Pekerjaan Umum

Aplikator Perkuatan Struktur Jalan Tol
Aplikator Perkuatan Struktur Pada Jalan Tol

Kontraktor Perkuatan Struktur Beton

PT Niaga Artha Chemcons menjadi kontraktor berpengalaman pada pekerjaan kolom dan pondasi, baik untuk perkuatan struktur atau pemasangan pondasi Jalan Layang.

Jika ingin berkonsultasi dengan team ahli kami mengenai Kontraktor Perkuatan Struktur, silahkan KLIK DISINI atau dapat melalu email ke sales@ptnac.com.

Temukan kami juga di Sosial Media!

Facebook : Niaga Artha Chemcons
Instagram : na_chemcons
Linkedin : Niaga Artha Chemcons
Youtube : Dunia Konstruksi
Hotline : +62 818-0705-6556