pada artikel sebelumnya yang berjudul “Perkuatan Struktur Beton Proyek Rehabilitasi Jembatan” penggunaan serat karbon atau carbon fibre untuk kebutuhan pekerjaan rehabilitasi jembatan ditentukan syarat mutunya yaitu :
Tensile Modulus (Gpa) 230
Ultimate elongation (%) 1,7
Density(g/cm3) 1,74
Ultimate tensile strength in primary fiber
direction (Mpa) 1062 903
Elongation at break (%) 1,05 1,05
Tensile Modulus (Gpa) 102 86,9
Properties
|
FOSROC
Nitowrap FRC 300
|
BASF
MasterBrace FIB
300/50 CFS
|
TORAY
Torayca UT70-
30G
|
Tensile Strength (Gpa) |
3,4
|
3,8
|
4,9
|
Tensile Modulus (Gpa) |
230,4
|
227
|
230
|
Ultimate elongation (%) |
1,5
|
1,67
|
1,7
|
Density(g/cm3) |
no data
|
no data
|
no data
|
*catatan : Data diambil berdasar Technical Data Sheet masing masing produk pertanggal artikel ini dimuat
Properties
|
FOSROC
Nitowrap FRC 300
|
BASF
MasterBrace FIB
300/50 CFS
|
TORAY
Torayca UT70-
30G
|
Tensile Strength in primary fiber direction (Mpa) |
643,04
|
no data
|
1.864
|
Elongation at break (%) |
1,53
|
no data
|
1,89
|
Tensile Modulus (Gpa) |
no data
|
no data
|
103,1
|
*catatan :
Data Fosroc diambil berdasar Hasil Uji yang dilakukan PT Fosroc Indonesia pada rentang tahun 2016 s/d 2017 di SENTRA TEKNOLOGI POLYMER (PUSPITEK-Tangerang) dan Data Toray diambil berdasar TDS produk Torayca G-fabric
Lalu apakah produk Carbon atau CFRP yang tidak memenuhi syarat seperti hal tersebut diatas adalah tidak bagus ? jawabnya tentu TIDAK, karna setiap manufaktur memiliki standard masing masing dan belum tentu dalam setiap kasus penambahan perkuatan membutuhkan kuat tarik dan modulus elastisitas yang tinggi.
Untuk membahas tentang serat karbon atau Carbon Fibre untuk pekerjaan perkuatan beton dengan merk Toray, akan kami bahas di artikel berikutnya dengan judul “Carbon Fibre Toray Material Perkuatan Beton“