Waterproofing Dak Bocor

Mencegah Dak Bocor dengan Waterproofing Terbaik

Cara mencegah dak bocor ketika musim hujan, yaitu dapat dilakukan dengan menerapkan atau mengaplikasikan lapisan proteksi kebocoran. Jangan biarkan atap dak beton rumah Anda tanpa proteksi apapun. Walaupun atap beton rumah anda kuat dan keras, akan tetapi jika terus terkena panas dan cuaca buruk maka akan rentan terjadinya kebocoran. Jadi, berikan perlindungan atap beton dak beton di rumah anda dengan pemasangan waterproofing .

Spesialis Waterproofing Bangunan
Spesialis Waterproofing Bangunan

Proteksi Mencegah Kebocoran Pada Atap Beton

Di Indonesia mempunyai iklim yang cukup ekstrem. Perubahan cuaca bisa berlangsung sanga cepat atau kadang tidak dapat di prediksi. Misalnya saja pada hari ini cuacanya panas terik dengan suhu tinggi, akan tetapi tiba-tiba mendadak hujan deras sehingga suhu menjadi turun drastis. Salah satu yang terkena akibat dari perubahan cuaca tersebut yaitu pada kondisi fisik suatu bangunan. Elemen pada bangunan yang paling rentan bermasalah ialah pada atap dak beton

Pada musim panas, masalah yang umum terjadi terutama pada atap dak beton adalah munculnya retakan. Jika tidak segera di atasi, maka akan menjadi sumber bocor ketika musim hujan tiba. Penanganan kebocoran tidak bisa langsung ditangani di waktu tersebut karena kondisi dak beton harus dalam keadaan kering. Jika terjadi kondisi bocor yang parah, maka anda pun perlu membongkar atap dak beton di rumah anda. Namun, pembongkaran atap dak beton ini memakan biaya yang tergolong mahal.

Terdapat pepatah “mencegah lebih baik dari memperbaiki”, pepatah tersebut dapat menjadi tolak ukur agar melakukan proteksi sebagai bentuk pencegahan kebocoran pada atap dak beton. Penggunaan waterproofing bisa menjadi jalan keluar sebagai pencegahan ataupun mengatasi masalah kebocoran pada atap dak beton bangunan.

Apa jenis waterproofing yang paling umum digunakan ? Jenis waterproofing yang umum digunakan pada atap dak beton adalah waterproofing coating. Penggunaan material waterproofing yang paling umum yaitu Pentens T200. Bahan dasar material ini ialah polyurethane serta acrylic polymers yang memiliki ketahanan terhadap sinar ultraviolet (UV). Di samping itu, manfaaat penggunaan material ini adalah memberi kelembapan pada bangunan. Serta sebagai penolak atau penahan terik matahari, sehingga di dalam ruangan suhu menjadi lebih sejuk dan lebih hemat dalam pemakaian AC.

Perbaikan Atap/Dak Gedung Bocor
Perbaikan Atap/Dak Gedung Bocor

Bagaimana langkah-langkah dalam mencegah atap dak bocor ?

Berikut langkah-langkah dalam mencegah atap dak bocor :

  • Pertama, melakukan pembersihan (scrapping). Sebelum melakukan pemasangan waterproofing, area kerjanya harus di bersihkan terlebih dahulu dan dalam kondisi yang bersih dan kering
  • Kedua, pengaplikasian waterproofing. Seluruh area kerja di aplikasikan waterproofing dengan menggunakan metode roll/kuas, trowel, spatula, atau spray
  • Ketiga, aplikasikan serat polyester. Tujuan pengaplikasian serat polyester ini ialah menjaga lapisan coating agar lebih tahan lama terhadap cuaca ekstrem
  • Keempat, pengaplikasian ulang waterproofing. Sebagai finishing di atas lapisan serat polyester, pelapisan ulang waterproofing dengan metode trowel, kuas/roll, spatula atau spray agar menutup dengan sempurna.

Baca juga : waterproofing coating pada gedung

Jasa Waterproofing Dak Beton
Jasa Waterproofing Dak Beton

Jasa Pasang Waterproofing Oleh PT Niaga Artha Chemcons

Salah satu perusahaan yang bergerak pada bidang general konstruksi serta sekaligus menjadi jasa pemasangan waterproofing untuk atap beton adalah PT Niaga Artha Chemcons. Kami sudah banyak menyelesaikan berbagai proyek untuk seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, dalam proses pengerjaannya kami menggunakan tenaga ahli yang profesional serta berpengalaman sehingga akan memberikan kepuasan untuk klien yang menggunakan jasa kami.

Jika ingin berkonsultasi dengan team ahli kami silahkan KLIK DI SINI terkait pencegahan kebocoran dengan waterproofing atau dapat melalui email ke sales@ptnac.com.

Temukan kami juga di Sosial Media!

Facebook : Niaga Artha Chemcons
Instagram : na_chemcons
Linkedin : Niaga Artha Chemcons
Youtube : Dunia Konstruksi
Hotline : +62 818-0705-6556